Rabu, 13 Mei 2020

RPP English Grade 4

RENCANA  PELAKSANAAN  PEMBELAJARAN
(RPP)
  
NAMA SEKOLAH : SD IT NURUL FIKRI MAKASSAR
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : IV/2

Standar Kompetensi : 8.       Mengeja dan menyalin tulisan bahasa Inggris sangat sederhana dalam konteks kelas
Kompetensi Dasar : 8.2     Menyalin tulisan bahasa Inggris sangat sederhana secara tepat dan berterima seperti ucapan selamat dan pesan tertulis
Alokasi Waktu : 4 x 35 menit
Tujuan Pembelajaran** : Siswa dapat menyalin tulisan bahasa Inggris sangat sederhana dengan benar
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
Metode Pembelajaran : Siswa menyalin tulisan bahasa Inggris sangat sederhana

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
1. Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi  dan Motivasi :
· Guru mengawali pelajaran dengan membahas materi pokok dalam bab yang sedang dipelajari
· Guru dapat meminta siswa untuk menyebutkan ujaran-ujaran yang biasa dipakai dalam situasi-situasi yang disajikan dalam buku. Sebagai contoh, jika bab yang sedang dibahas mengangkat topik introduction, guru bertanya pada siswa bagaimana cara mereka memperkenalkan diri dalam bahasa Inggris.
2. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Siswa dapat menyalin tulisan bahasa Inggris sangat sederhana dengan benar
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
Guru meminta siswa mengerjakan latihan menulis.
Siswa dapat melakukan kegiatan ini secara individual atau berpasangan.
Pada saat melakukan kegiatan ini, guru mengitari siswa dan melihat apakah siswa sudah menulis dengan benar.
Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
3.  Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
Guru membahas hasil pekerjaan siswa bersama-sama.
Sebagai latihan tambahan, guru dapat memanggil siswa secara acak dan meminta mereka untuk menulis di papan tulis.

Alat/Sumber Belajar:
1. Buku teks Fun and Happy with English, Emalia I. Sukarni & Farida Ulfa, jilid 4, Ganeca
2. Buku-buku lain yang relevan
3. Alat peraga yang berkaitan dengan materi ajar

Penilaian:
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
Menyalin tulisan bahasa Inggris sangat sederhana dengan benar

Tes unjuk kerja
Tes tulis

1. Write the answers for each question at the exercises.
2. Example: 
1. What does she do?
(gambar) She is ______.
2. What does Rudi do?
   (gambar) He is __________.

a. Teknik: Tes tulis
b. Bentuk: Menulis pesan tertulis berupa perintah
c. Contoh instrumen:

Write five expressions according to the pictures into the textbook  
1. _______________
2. _______________
3. _______________
4. _______________
5. _______________
3. 


FORMAT KRITERIA PENILAIAN       
Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.


2.


3.
Pengetahuan


Praktek


Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1
4
2
1
4
2
1

 LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.







   CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

Makassar,  8 Mei 2020
        Mengetahui
        Kepala Sekolah                                                               Guru Mapel Bahasa Inggris



        Khalqi Abbas Manggala, S.S                                              Andinie Surijati, S.Sos
        NIP :                                                                                      NIP :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar